Apa sih Videotron itu? Mengenal Videotron Lebih Dalam

Mengenal Videotron

Bagi Anda yang belum mengenal dengan nama “Videotron” atau “Megatron” merupakan sebuah reklame digital yang tersusun dari panel-panel LED sehingga dapat menampilkan gambar dan video di dalamnya. Videotron pertama kali dikembangkan oleh negara China dan saat ini menguasai hingga 80% di pasaran dunia. Selanjutnya diikuti oleh Jepang, Amerika dan lain-lain dengan harga yang relative lebih mahal.

Sejarah singkat tentang Videotron

Di Indonesia, Videotron ini mulai masuk pada tahun 2005/2006. Tahun sebelumnya juga sudah ada, namun dari suplayer selain China dan kualitasnya tidak sebaik saat ini. Pada tahun tersebutlah mulai berkembang papan reklame digital di berbagai titik di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan rokok mendominasi dalam mengisi papan periklanan digital ini. Pada masa itu hanya perusahaan-perusahaan besar yang memulai menggunakan videotron seperti perusahaan Djarum, Sampoerna, Gudang Garam, dan lain-lain.

Namun selain dari perusahaan-perusahaan rokok, mulai juga perusahaan perbankan, consumer good dan lain-lain mulai menggunakan media promosi elektronik ini. Namun perkembangannya baru terbatas di kota-kota besar saja. Belum secara menyeluruh menyebar rata ke seluruh Indonesia.

Pada tahun 2012 mulai saatnya banyak perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk menggunakan videotron sebagai media iklan mereka. Mereka mengganti sebagian besar media promosi konvensional menjadi media promosi elektronik yang lebih canggih. Perubahan ini tidak terjadi hanya di Indonesia saja, melainkan hampir seluruh Negara di dunia mulai menggunakan videotron.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Videotron

Bila kita bandingkan antara videotron dengan media papan reklame konvensional terasa sangat jauh perbedaannya. Videotron mampu menampilkan gambar yang bergerak atau dikenal dengan video.

Videotron jauh lebih menarik dibandingkan dengan papan reklame biasa yang hanya bisa menampilkan 1 gambar saja dalam kurun waktu yang lama. Hal tersebut membuat orang yang sering melintas di titik pemasangan itu menjadi bosan. Bahkan mereka tidak tahu kalau gambar yang dipasang ternyata sudah berubah karena bosannya melihat 1 gambar yang monoton.

Videotron saat ini mulai di pakai oleh pengguna jasa advertising sebagai media periklanan yang baru dan juga modern. Penggunaan videotron di berbagai titik di kota-kota besar mulai terlihat. Dan ternyata para pengguna jasa advertising ini lebih memilih videotron karena memiliki kelebihan dan manfaat yang dirasakan yaitu:

  1. Bisa menampilkan video sehingga lebih efektif dan atraktif dalam mengiklankan sebuah produk.
  2. Dapat menyewakan videotron untuk beberapa perusahaan sebagai media periklanan mereka walaupun hanya satu papan videotron saja.
  3. Penghasilan lebih banyak didapatkan dibandingkan dengan papan reklame. Saat ini harga iklan dalam media videotron masih relatif mahal jika dibandingkan dengan reklame/baliho.
  4. Mampu meningkatkan Brand Awardness atau Brand Image dari produk yang diiklankan karena lebih tertarget.
  5. Menguntungkan bagi yang beriklan dan memberikan banyak omzet karena iklan lebih menarik perhatian “Eye Catching” dibandingkan dengan reklame/baliho. Gambar bergerak dan tidak monoton.
  6. Banyak digunakan oleh pemerintah daerah sebagai alat penyampaian program Layanan Publik dan juga banyak berkembang di daerah-daerah wisata.
  7. Kontruksi papan reklame yang kokoh dapat di gantikan dengan videotron sehingga mengurangi biaya pembuatan kontruksi.

Sedangkan kekurangan dari videotron hanya sedikit dibandingkan dengan kelebihan yang dapat kita rasakan, diantaranya yaitu:

  1. Memerlukan konsumsi listrik untuk menyalakannya selama 24/7 pengoperasian.
  2. Memerlukan ijin yang cukup rumit untuk pemasangan videotron, namun bisa diproses.
  3. Harga yang ditawarkan untuk pengiklan lebih mahal sehingga rata-rata hanya perusahaan besar yang mampu beriklan di media videotron, sedangkan perusahaan kecil lebih memilih media periklanan konvensional.

 

Nah sekian tadi adalah penjelasan mengenai Videotron yang saat ini sudah menjamur di Indonesia. Banyak keuntungan yang dapat kita rasakan dari adanya produk Videotron ini. Terlebih lagi untuk menjadikan Indonesia sebagai kota yang modern dan menarik.

Bagi Anda semua yang tertarik untuk membangun sebuah Videotron atau mengganti papan reklame yang lama dengan videotron silahkan hubungi kami. Salam sukses untuk Indonesia.

Summary
Apa sih Videotron itu?
Article Name
Apa sih Videotron itu?
Description
Bagi Anda yang belum mengenal dengan nama “Videotron” atau “Megatron” merupakan sebuah reklame digital yang tersusun dari panel-panel LED sehingga dapat menampilkan gambar dan video di dalamnya. Videotron pertama kali dikembangkan oleh negara China dan saat ini menguasai hingga 80% di pasaran dunia. Selanjutnya diikuti oleh Jepang, Amerika dan lain-lain dengan harga yang relative lebih mahal.
Author
Publisher Name
JamDigitalmu LED
Publisher Logo