Lampu LED RGB

Lampu LED (Light Emitting Diode)

Apa itu lampu LED ?

Light Emitting Diode (Lampu LED) merupakan dua bahan sumber cahaya semikonduktor. Itu merupakan P-N Junction Diode, yang memancarkan cahaya ketika diaktifkan. Ketika tegangan yang cocok diaplikasikan pada lead, elektron dapat bergabung kembali dengan lubang elektron dalam perangkat, lalu melepaskan energi dalam bentuk foton. Efek ini disebut electroluminescence, dan warna cahaya (sesuai dengan energi dari foton) ditentukan oleh celah pita energi semikonduktor. LED biasanya berukuran kecil (kurang dari 1 mm2) dan komponen optik yang terintegrasi dapat digunakan untuk membentuk pola radiasi.

Lampu LED RGB
Sumber gambar : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/cb/RBG-LED.jpg

Seiring munculnya komponen elektronik praktis pada tahun 1962, LED paling awal dipancarkan dengan intensitas rendah cahaya inframerah. LED inframerah masih sering digunakan sebagai transmisi elemen dalam rangkaian remote control, seperti remote kontrol untuk berbagai peralatan elektronik. Cahaya yang tampak pertama pada LED juga berintensitas rendah dan terbatas ke warna merah. LED yang modern tersedia pada visible-nya, ultraviolet, dan panjang gelombang inframerah, dengan kecerahan yang sangat tinggi.

Kegunaan Lampu LED

Pada awalnya, LED sering digunakan sebagai lampu indikator untuk perangkat elektronik, pengganti lampu pijar kecil. LED tersebut akhirnya dikemas dalam pembacaan numerik dalam bentuk tujuh-segmen display dan sering terlihat pada jam digital. Perkembangan terkini dalam LED yaitu memungkinkan untuk digunakan dalam lingkungan dan kegiatan pencahayaan. LED kini berkembang dengan display baru dan sensor-sensor, sementara tingkat switching LED cukup tinggi dalam teknologi komunikasi canggih.

LED memiliki banyak keuntungan dibandingkan lampu cahaya pijar, termasuk konsumsi energi yang lebih rendah, lifetime yang panjang, ketahanan fisik membaik, ukuran yang lebih kecil, dan switching lebih cepat. Light Emitting Diode yang sekarang digunakan dalam aplikasi yang beragam peralatan seperti pencahayaan penerbangan, lampu otomotif, papan iklan, penerangan umum, sinyal lalu lintas, kamera berkedip, jam digital di masjid, dan lain-lain. Pada tahun 2017, lampu LED kamar/rumah lebih murah daripada sumber lampu neon. Hal tersebut juga secara signifikan lebih hemat energi dan bisa dibilang “lebih ramah lingkungan” karena lebih sedikit limbah.

Sumber : wikipedia.org