Tips memilih jam digital masjid

Tips Memilih Jam Digital Masjid Terbaik

Assalamualaikum para sahabat semua. Kadangkala kita ingin mempercantik masjid kita dengan menambahkan jam digital masjid. Jam dinding digital ini sering kita jumpai di berbagai masjid di Indonesia. Jam digital ini ternyata sangat membantu sekali dalam kegiatan sholat berjamaah di masjid, terutama dalam mengatur jam waktu sholat dan jeda iqomah. Para sahabat jangan ragu untuk menambahkan jam digital ini untuk di pasang di masjid daerah anda. Namun, kita perlu perhatikan lebih lanjut “Bagaimana memilih jam digital masjid yang cocok buat masjid saya?”. Untuk penjelasannya mari simak tips tips memilih jam digital masjid di bawah ini.

Kenali bagian-bagian dari jam digital masjid

Jam digital masjid yang sering kita jumpai, umumnya terdiri dari bagian-bagian yang menyusun jam digital tersebut. Coba perhatikan gambar di bawah ini !

Tips memilih jam digital masjid
Jam masjid ukuran besar berpigura emas

Dari gambar di atas, kita lihat terdapat bagian-bagian seperti pigura, kaca penutup, jam digital, jam jeda iqomah, kalender, jam penunjuk waktu sholat, background, tombol pengatur, remote control, dan bagian lainnya. Jika ingin membeli jam digital masjid maka perlu dipastikan bagian-bagian tersebut lengkap dan tidak cacat. Mari simak satu per satu bagian jam digital yang ingin kita beli.

Ukuran jam digital masjid

Mau yang besar atau yang kecil? Pertama harus sesuaikan dengan budget sahabat untuk mengadakan jam digital masjid. Biasanya semakin besar ukuran, maka komponen-komponen yang lain juga ikut menyesuaikan sehingga harga lebih tinggi. Kedua sesuaikan dengan ruangan masjid para sahabat. Jika ruangan masjid cukup besar maka usahakan jam digital masjidnya juga lebih besar sehingga dapat dilihat dari jauh.

Pigura jam digital masjid

Bingkai dari jam digital masjid adalah piguranya. Pigura ini banyak macam dan modelnya. Ada pigura yang berbahan fiber, kayu, plastik, dan lain-lain. Model pigura ada yang simpel polos, ada yang model ornamen, model garis dan sebagainya. Kita perlu tahu, pigura manakah yang cocok untuk jam masjid kita?

Jika dilihat dari segi bahan pigura, bahan pigura fiber yang sering digunakan untuk bingkai jam digital masjid. Kelebihan dari bahan fiber yaitu sebagai berikut:

  1. Ringan, bahan fiber bersifat ringan. Jam digital masjid yang menggunakan bahan pigura fiber akan mengurangi berat dari jam digital tersebut, terutama pada jam digital yang berukuran besar.
  2. Kuat dan tidak lapuk. Bahan fiber sangat kuat untuk membingkai jam digital dengan komponen-komponen yang cukup berat.

Lalu bagaimana dengan motif/model dari pigura untuk jam digital masjid yang pas?

Motif/model pigura yang baik untuk masjid adalah dengan melihat bagian interior dari masjid kita. Bila masjid kita banyak interior yang menggunakan motif ornamen ornamen tertentu, maka untuk penyesuaian bisa menggunakan pigura dengan motif ornamen juga. Selain itu warna dari pigura tersebut juga di sesuaikan dengan warna interior masjid supaya lebih indah dan cantik. Untuk masjid yang memiliki motif simpel dan teratur, biasanya model pigura polos akan tampak serasi. Namun untuk memilih model pigura tersebut tidak membatasi sahabat untuk berkreasi dan memilih sesuai keinginan sahabat semua.

Kaca penutup jam digital masjid

Memilih kaca penutup juga penting untuk jam digital masjid sahabat. Memilih kaca penutup juga perlu memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan. Dari segi harga, kaca penutup yang berbahan kaca tentunya cukup murah, namun memiliki kekurangan yaitu rentan sekali pecah. Sedangkan kaca penutup yang berbahan dasar Acrylic lebih mahal harganya dibandingkan dengan bahan kaca, namun lebih kuat dan tidak mudah pecah. Agar jam digital masjid sahabat lebih awet disarankan menggunakan kaca penutup berbahan dasar Acrylic.

Perhatikan garansinya!

Membeli jam digital memang tidak murah dibandingkan jam dinding biasa. Jam digital masjid memiliki komponen-komponen elektronik yang membuat jam masjid tersebut dapat membantu mempermudah kegiatan di masjid kita. Komponen elektronik tersebut harganya bisa cukup mahal, sehingga pastikan para sahabat untuk memilih produk jam digital masjid yang memberikan pelayanan garansi terjamin. Garansi tersebut adalah sarana bila terdapat kecacatan pada produk jam masjid sehingga produsen tersebut bertanggung jawab atas resiko tersebut.

Nah demikian tips memilih jam digital masjid yang dapat saya berikan bagi para sahabat yang ingin membeli jam digital guna memperindah dan mempermudah kegiatan di masjid kita tercinta. Sekian dari saya, wassalamualaikum wr. wb.

2 comments

Comments are closed.